6 Tips Ampuh Mengatasi Lag Saat Bermain Game

Bermain Game memang sangat menyenangkan, baik itu game Online maupun Offline. Selain dapat menyegarkan pikiran, bermain game juga dapat mengisi kekosongan, ataupun sekedar seru - seruan bersama dengan teman, itung - itung mempererat tali persahabatan.

Namun, ada beberapa game yang ukurannya sangat besar hingga ber Giga Giga Byte, di karenakan mempunyai fitur yang sangat banyak dan juga grafik yang jernih (HD). Karena itulah, teekadang saat kita bermain game di perangkat yang masuk pada kelas Low-End atau Mid-End, terjadi patah - patah (Lag). Adapun penyebab dari Lag di antaranya adalah karena Penuhnya RAM, tidak supportnya GPU, penuhnya CPU resource, Penuhnya memori internal, dan juga kurang stabilnya jaringan dan Ping yang tinggi (Khusus Game Online).

Mengatasi-lag-saat-main-game

Agar tidak Lag saat bermain game, berikut kami rangkum beberapa tips untuk kamu, agar dapat bermain game dengan lancar dan tanpa gangguan.

Luangkan RAM


Saat RAM di perangkat penuh, maka pemprosesan data pada telepon juga akan berjalan lambat, karena itulah bermain game menjadi lag dan patah - patah.

Untuk itu, batasi jumlah aplikasi yang aktif di latar belakang seperti WhatsApp, Messenger, dan juga aplikasi yang berjalan di latar belakang lainnya, lalu coba mainkan game lagi, jika sudah tidak lag, artinya RAM yang tersedia di perangkat sudang cukup luang.

Hapus Aplikasi yang tidak di perlukan


Penyebab lain dari Lag adalah karena banyaknya aplikasi yang terinstall di Smartphone. Dengan menginstall aplikasi berlebih, maka akan membuat telepon bekerja lebih keras, di karenakan, sebuah perangkat menjalankan banyak aplikasi sekaligus yang ada di luar batas kemampuannya. 

Karena itulah terkadang Smartphone menjadi panas dan Lag saat bermain game.

Untuk itu, hapuslah beberapa aplikasi yang tidak di perlukan, seperti Penghemat Baterai, Pemercantik Foto, atau Aplikasi Musik tambahan yang sejatinya sudah ada di tiap perangkat.

Bermain di Tempat Yang Jaringannya Stabil


Saat bermain game online, terkadang permainan berhenti tiba - tiba, atau gerakannya terasa terlambat, seperti saat kita bermain Free Fire, Mobile Legend, atau AOV.

Salah satu penyebebnya bisa jadi karena jaringan yang kurang stabil. Untuk itu, carilah tempat dengan jaringan stabil agar permainan tidak lag.

Jika kamu berada di tempat yang sinyalnya kuat namun tetap lag, maka itu berasal dari provider kamu. Jika hal ini menimpa kamu, maka ganti provider dengan akses jaringan yang lebih cepat dan akses jaringan yang mencapai tingkatan 4G atau 4G+.

Gunakan Super Pinger Anti Lag


Dengan menggunakan aplikasi bantuan yaitu Super Pinger Anti lag, maka akan membuat ping jaringan kamu jadi rendah. Karena jika ping jaringan kamu tinggi, maka game akan menjadi lag.

Dengan aplikasi ini, kamu akan membuat ping jaringan kamu jadi stabil hingga dapat lancar bermain game online.

Awalnya saya juga tidak percaya, namun, karena melihat komentar di Playstore yang ulasannya positif dan bagus, akhirnya saya mencoba dan siapa sangka, ternyata lumayan work untuk mengatasi ping jaringan yang awalnya berada di 400ms jadi stabil di 80ms.

Re-Install Game


Faktor lain penyebab Patah - patahnya permainan adalah ada beberapa resources atau file dalam game yang rusak atau terhapus.

Untuk itu, solusinya adalah dengan menghapus lalu mendiwnload ulang game tersebut agar file - file di dalamnya sempurna dan dapat lancar di mainkan.

Upgrade Perangkat


Jika dengan semua cara di atas sudah kamu lakukan dan kamu tetap lag saat bermain, itu artinya perangkat kamu memang kurang support (hp kentang).

Solusinya adalah dengan mengganti perangkat dengan perangkat yang Spesifikasinya lebih tinggi agar kuat saat di gunakan untuk aktivitas gaming dan multitasking.

Ikuti terus androkoid agar kamu mendapat informasi yang bermanfaat dan menarik lainnya.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "6 Tips Ampuh Mengatasi Lag Saat Bermain Game"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan
Jika bingung bertanyalah disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

;

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel