Haruskah Aplikasi Android Diperbarui Secara Rutin?

Haruskah Aplikasi Android Diperbarui Secara Rutin ? - Saat anda menggunakan HP android, anda tentu menginstall banyak aplikasi bukan, mulai aplikasi sistem, browser, aplikais kamera maupun game.

Jika anda sudah menggunakan HP android beberapa saat, anda pasti sering mendapati aplikasi anda meminta untuk update, atau ketika anda membuka playstore, playstore memberitahukan bahwa ada beberapa aplikasi yang memiliki pembaruan update baru. 

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah aplikasi android memang harus diperbarui secara berkala, dan jika tidak diperbarui apa dampaknya bagi Handphone anda. 

Pembaruan aplikasi playstore


Apakah Perlu Aplikasi Android Di update?

Pada dasarnya, anda tidak perlu mengupdate aplikasi anda secara rutin, selama tidak ada peningkatan yang signifikan pada aplikasi. 

Namun hal ini berbeda pada Game Online Multiplayer, game ini harus diupdate secara berkala agar anda dan pemain lain dapat memiliki pengalaman yang sama dalam bermain. 

Namun jika aplikasi yang memiliki pembaruan adalah aplikasi yang tetap bisa berjalan normal, maka anda tidak perlu mengupdatenya secara rutin. 

Anda bisa mengupdate aplikasi tersebut jika dirasa performanya menurun. atau anda sedang santai dan memiliki kuota internet yang banyak.

Kenapa Ada Pembaruan Aplikasi

App developer selalu melakukan pembaruan pada aplikasi yang dimilikinya, pembaruan ini meliputi pada penambahan fitur, atau memperbaiki bug yang ada di dalamnya. 

Hal ini berfungsi untuk meningkatkan performa aplikasi android saat dijalankan, jadi jika sebelumnya aplikasinya sering lag, sekarang sudaha agak lancar.

Atau jika diversi sebelumnya fiturnya belum lengkap sekarang lebih diperlengkap.

Apa Keuntungan Jika Aplikasi Diperbarui Secara Berkala

Anda pasti pernah mengupdate beberapa aplikasi yang ada di Android anda bukan?
Dan setela anda update, ternyata performanya sama saja, hampir tidak ada yang berbeda, namun sebenarnya pembaruan aplikasi ini memiliki keuntungan bagi pengguna, diantaranya adalah

- Mendapatkan Fitur baru
- Memperbaiki Bug sehingga aplikasi lebih lancar
- Pembaruan pengaturan, (seperti sistem keamanan dll.)

artinya, anda akan mendapatkan aplikasi dengan fitur terbaru yang sudah diperbaiki secara maksimal oleh pengembang.

Apa Dampak Yang Terjadi Jika Aplikasi Tidak Diupdate

Karena butuh kuota internet yang banyak, anda mungkin akan malas mengupdate aplikasi android anda, dan ahirnya aplikasi tersebut anda biarkan tidak terupdate.

Baca juga : 3 Manfaat Pembaruan sistem android

Apakah hal ini memiliki dampak buruk?
Tentu saja ada, dibawah ini adalah dampaknya:

- Ketinggalan fitur terbaru
- Sistem keamanan aplikasi mungkin lebih lemah
- Terdapat bug yang membuat aplikasi anda lemot.

Jangan Update Aplikasi Anda Jika

Meskipun para developer aplikasi sangat menyarankan anda untuk mengupdate aplikasi anda, namun sebaiknya anda tidak melakukanya jika "handphone anda jadul"
Kenapa?

Karena pembaruan aplikasi biasanya akan menambahkan beberapa fitur baru yang akan membuat kinerja Handphone anda semakin berat.

Bukanya Tambah lancar, bisa jadi handphone anda malah makin lemot.

Salah satu contohya adalah aplikasi game Let's get rich yang pernah booming beberapa tahun lalu, pada peluncuran awalnya, game ini hanya memiliki ukuran dibawah 300 Mb.

Namun pada pembaruan terbarunya saat ini, aplikasinya sudah sebesar 1 Gb lebih. Dulu saya menggunakan samsung galaxy pocket untuk memainkanya, dan sangat lancar.

Namun sekarang Handphone ini tidak akan bisa memainkanya karena memorinya tidak sampai 1 Gb.

Anda Harus Memperbarui Aplikasi Jika

Anda harus memperbarui aplikasi jika memang pembaruanya bersifat kritikal atau penting, biasanya aplikasi yang mewajibkan penggunanya update adalah game online. 

Jika anda adalah pecinta game online, anda harus memperbarui game anda jika ingin terus memainkanya.


Kesimpulan

Anda tidak perlu memperbarui aplikasi Android anda jika aplikasi tersebut masih lancar-lancar saja, apalagi jika HP anda jadul, karena hal ini akan memperberat kinerja hp (jika ukuran update lebih besar)
Namun, jika update tersebut bersifat kritis dan penting, mau tak mau anda harus memperbaruinya untuk tetap bisa menjalankanya. 

0 Response to "Haruskah Aplikasi Android Diperbarui Secara Rutin?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan
Jika bingung bertanyalah disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

;

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel