Cara menjual barang melalui youtube

Setelah beberapa bulan saya mengiklankan produk di youtube, saya baru tau ternyata cara ini bisa menghasilkan banyak lead dan penjulan lho, dalam sehari orang yang menayankan produk saya bisa sampai 4-5 orang. Padahal saya hanya menggunakan1 video saja.

Manfaat menjual barang melalui platfrom youtube
Menjual barang melalui youtube


Mungkin sekarang cara ini belum begitu populer, namun saya yakin beberapa tahun ke kedepan menjual barang melalui youtube akan semakin diminati.

Lalu bagaimana cara menjual barang di youtube agar laris?

1. Pemilihan nama channel dan fokus channel
Jika anda akan menjual barang melalui youtube, hal wajib anda miliki adalah channel youtube..hal yang perlu digaris bawahi adalah pemilihan nama dan fokus channel...

Untuk pemilihan nama, jangan menggunakan nama yang alay, anda bisa menggunakan nama anda sendiri atau nama produk anda..

Misalkan anda menjual barang-barang kebutuhan bayi, anda bisa menamakan channel anda dengan nama yang berkaitan dengan bayi seperti "info baby", atau "merawat bayi". Jika bisa buatlah nama channel yang mudah diingat.

Yang kedua adalah fokus channel..

Kesalahan banyak penjual barang di youtube adalah dia menjual barang apa saja... Mulai dari baju hingga perangkap tikus.

Sebenarnya tidak salah, namun anda lebih baik fokus ke satu topik saja, sehingga subscriber anda semuanya adalah orang yang memiliki minat yang sama.

Channel yang fokus bisa membuat subsciber lebih loyal
Bayangkan anda menemukan sebuah video tutorial bisnis yang sangat bermanfaat di youtube, dan ahirnya anda subscribe, anda berharap bisa mendapatkan banyak tutorial bisnis yang anda butuhkan..

Namun lama kelamaan, channel tersebut tidak pernah lagi berbagi tutorial bisnis dan berganti menjadi channel perawatan ikan...

Kira-kira, apakah anda akan loyal dan terus mensubscribe channel tersebut?

Saya rasa tidak.. Bahkan mungkin anda akan unsubscribe

Namun beda cerita jika channel yang anda subcribe selalu upload tips bisnis yang bermanfaat, anda akan selalu menunggu ilmu bermanfaat lain setiap minggunya.

Jika anda membuat channel yang fokus pada satu topik, itu akan membuat subscriber anda loyal dan setia melihat konten dan barang dagangan anda.

Jika anda ingin menjual barang yang tidak satu fokus/niche, sebaiknya anda membuat channel baru saja dengan fokus yang berbeda.


2. Buat video yang dicari oleh pelanggan anda.
Saat berada di youtube, orang tidak bermaksud untuk mencari barang untuk di beli.., biasanya mereka membuka youtube untuk mencari informasi tentang barang yang dia butuhkan, bisa berupa review, atau tutorial.

Misalkan anda membuat channel tentang bayi dan menjual perlengkapanya, anda bisa membuat video-video yang dibutuhkan para ibu, seperti tips merawat anak, cara mengobati anak sakit, dll.

Di dalam video tersebut anda bisa menyelipkan barang dagangan anda.

Misalkan anda membuat video cara memandikan anak, anda bisa menawarkan barang anda yang sesuai dengan topik yang dibahas, seperti sabun bayi, popok, baju bayi, dll.


3. Jarang posting adalah hal yang haram
Jika anda mengupload 1 video dan berharap mendapatkan banyak pembeli, maka anda harus segera sadar dari mimpi anda.

Untuk mendapatkan banyak pembeli anda harus mengupload video secara rutin dan terus menerus agar semakin banyak orang yang menonton video anda.

Semakin banyak orang yang menonton video anda, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan barang anda akan dibeli.

Saya sendiri telah mengupload 18 video, 17 video awal tidak banyak menghasilkan, dan baru 1 video terahir saja yang bisa menghasilkan banyak lead, karena ditonton oleh ratusan ribu orang.

Bayangkan jika saya hanya mengupload 1 video kemudian berhenti, mungkin anda tidak akan menjual apapun di youtube..

Jika anda benar benar ingin menghasilkan penjualan, maka anda harus konsisten upload konten.

4. Belajarlah optimasi video anda.
Salah satu hal penting yang harus anda lakukan untuk bisa mendapatkan banyak subscriber dan viewer adalah dengan mengoptimasi video anda dengan baik.
Optimasi ini mencangkup thumbnail, deskripsi video, judul video, dan riset keyword.
Untuk lebih jelasnya anda bisa menonton video di bawah ini.

5. Promosikan barang anda
Dan yang terahir anda harus menawarkan produk anda dengan jelas pada penonton video anda.

Misalkan anda menjual baju bayi, maka sebutkan dengan jelas bahwa anda menjual baju bayi beserta dengan deskripsi yang jelas di dalam video anda.

Jangan lupa untuk menginformasikan dengan jelas nomer yang bisa mereka hubungi jika berminat untuk membeli produk anda.

0 Response to "Cara menjual barang melalui youtube"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan
Jika bingung bertanyalah disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

;

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel